Sejarah Berdirinya Android

Assalamu’alaikum wr wb

Hampir seluruh kemudahan yang kita dapatkan hari ini, meru-an hasil kerja keras dari seseorang yang sangat jenius di masa lalu. Di era sekarang… kita dengan begitu mudahnya mendapatkan berbagai informasi. setiap harinya… berbagai kejadian, berita, gossip bahkan promosi online shop terbaru pun langsung masuk ke ponsel kita.

Dari sekian banyak ponsel yang telah beredar, kita tentu tidak asing dengan system operasi android. Bahkan saat ini… android meru-an produk unggulan yang digunakan oleh vendor -vendor ponsel papan atas dunia. Untuk teman-teman yang mungkin tidak punya banyak waktu untuk membaca, bisa melihat video berikut:


Android diciptakan oleh seseorang bernama Andy Rubin. Dia lahir di kota California Amerika serikat. Sejak kecil… Rubin sngat tertarik pada dunia teknologi dan digital, terlebih.. ayahnya dulu memiliki usaha yang bergerak di bidang elektronik, khususnya pada produk kamera.

Jangan salah looo…  Andy Rubin pernah bekerja untuk perusahaan besar besutan Steve Jobs yaitu Apple, dia bekerja pada tahun 1989 sampai dengan 1992. Di perusahaan tersebut, kemampuan nya mulai terlihat dan terus berkembang.

Ada hal unik tentang - andy rubin, dia sangat fanatic dengan robot, karena hobinya terstebut, dia dijuluki Andorid (Robot) oleh rekan kerjanya, hal inilah yang menjadi cikal bakal dari nama Android.

Akhrinya Pada bulan Oktober Tahun 2003, - andy rubin bersama 3 rekannya mendirikan perusahaan bernama Android Inc.

Kala itu para pendirinya bercita-cita membuat system operasi pintar untuk kamera digital.

Setidaknya cita-cita itu tetap dibawa Ketika mereka menawarkan produk ini kepada para investor di tahun 2004.

Tak lama kemudian, Android memutuskan bahwa pasar untuk kamera saja tidak cukup besar, sehingga - Andy Rudin mengalihkan usahanya dan meluncurkan Android sebagai sistem operasi sebuah ponsel. pq

Pada saat itu, - Andy Rubin tidak mendapatkan investor yang mau membiayai pengembangan Android. Beruntung… Seseorang bernama Steve Perlman membantunya dengan memberikan uang tunai sebesar 10.000 Dollar Amerika. Uniknya Perlman kala itu menolak dianggap sbg investor, dia mengatakan bahwa apa yang dilakukannya murni utk membantu sahabat baiknya tsb.

Walaupun begitu… tak banyak yang bisa dilakukan Android kala, sampai pada akhirnya pertengahan tahun 2005 Google mengakuisisi perusahaan ini senilai 50 juta Dollar Amerika.

Walaupun telah diakuisisi oleh Google, ternyata CEO Google saat itu Eric Smith memberikan keluluasaan penuh kepada Andy Rubin untuk mengembangkan Andoroid.

Ketika dirasa wujud android ini mulai terlihat. Pada akhir tahun 2006 hingga pertengahan tahun 2007, Google sibuk mencari rekan bisnis terutama para vendor ponsel yang mau menggunakan system operasai Andorid.

Sedihnya, waktu itu tidak ada yang tertarik bermitra dengan Google. Lebih dari sekedar penolakan, android bahkan diremehkan oleh para pesain mereka, yaitu Microsoft dan Raksasa ponsel saat itu Nokia. Bahkan, petinggi nokia saat itu mengatakan bahwa…. suatu hal yang mustahil bagi perusahaannya mengadopsi Android, Android diibaratkan seperti seorang anak laki2 yang sedang belajar buang air kecil agar badannya hangat di musim dingin.

Banyak orang yang menganggap android  hanyalah proyek jangka pendek untuk mendapatkan keuntungan sesaat.

Ohh ternyata tidak ada kata mundur. Mental baja dan semangat yang sangat besar dari - Andy rubin dan tim kala itu, membuat andorid tidak bergeming dengan segala ejekan.

Sampai pada akhirnya… OS Android diterima oleh HTC dan kemudian merilis produk ponsel dengan OS Andorid pertama, yaitu HTC G1. Namun saying.. Produk ini tidak begitu populer… nyaris tak langsung diterima oleh masyarakat.

- andy rubin bersama tim berbenah, memperbaiki bug-bug yang menggangu. OS Andorid kemudian banyak diminati, hal ini karena adanya niatan para vendor papan atas saat itu, sebut saja Samsung, Motorola, HTC dan Sony yang ingin menggeser singgasana iphone, nokia, blackberry dan windows phone sebagai raja ponsel dunia waktu itu.

Vendor-vendor tersebut semakin hari semakin baik, terobosan mereka selalu ditunggu pemburu teknologi. Hal ini membuat android terus berkembang setiap tahunnya, dari yang sebelumnya diremehkan menjadi sangat disegani. Tidak heran siapa saja yang lambat untuk berinovasi akan jatuh bahkan matisuri,  sebut saja windows phone, nokia symbian dan blackberry.

Perusahaan ini terus berinovasi, namun sayang pada tahun 2013 kebersamaan antara Android dan dan pendirinya, - Andy Rubin harus berakhir. Dia mundur dan memilih mencari tantangan baru dengan membangun Esencial Inc. di awal 2014.

Sampai dengan hari ini Andorid telah mengeluarkan 10 versi sejak dirilis pertama kali pada tahun 2008. 

Komentar