Mimpi yang menjadi kenyataan... Begitulah yang dirasakan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim melihat kesuksesan platform yang diciptakan mereka 15 tahun silam.
Youtube yang dahulu mereka konsepkan, kini menjadi salah satu situs yang paling banyak dikunjungi orang-orang di seluruh dunia.
Siapa saja mereka? Chad Hurley adalah seseorang yang berkebangsaan amerika, yang sejak kecil sangat tertarik pada dunia seni hingga akhirnya dia bergelar sarjana bidang seni rupa dari Universitas Pennsylvania (Penzil Vania).
Steve Chen, pendiri
youtube keturunan china berkebangsaan Amerika, dia lulus dari Ilmu Komputer di
Univ. Illinois. Chen tercatat pernah bekerja bersama Mark zukemberg di
facebook.
Pendiri ketiga adalah Jawed Karim, seorang pakar computer
kelahiran Jerman Timur yang memiliki garis keturunan Bangladesh. Dia adalah
seorang lulusan Stanford Univrsity.
Karim sangat populer di kalangan Youtber, karena dia adalah orag
pertama di muka bumi yang mengupload video youtube.
Ketiga orang sahabat karib ini sudah bersama sejak mereka
bekerja di Perusahaan Paypal. Mereka memutuskan keluar dari paypal untuk mencari
tantangan baru yaitu membentuk Youtube.
Pada awalnya, YouTube tidak seperti yang kita saksikan hari ini.
Para pendirinya… dulu berniat membuat sebuah situs kencan, yang terinspirasi Hot
or Not waktu itu.
Tahukan teman-teman, bahwa munculnya ide
pembuatan YouTube berawal dari 2 kejadian yang tidak disengaja lhoo:
Yg pertama..
Kekesalan Jawed Karim ketika tidak dapat
menemukan video "wardrobe malfunction" dari Janet
Jackson dan Justin Timberlake yang fenomenal saat itu.
Kemudian yang kedua, yaitu.. Kekesalan
yang melanda Chen dan Hurley, karena tidak dapat membagikan rekaman video dari
pesta makan malam mereka akibat terbatasnya lampiran pada sebuah email.
Karena 2 kejadian tadi, suatu hari tepat
tanggal 14 Februari 2005 di sebuah garasi, mereka bertiga berkumpul, diskusi dan
menghabiskan waktu Menyusun konsep awal youtube.
Kemudian pada bulan April 2005, Jawed
Karim menggunggah video pertama di Youtube yang berjudul Meet me at Zoo disusul
dengan video-video pribadi keseharian mereka bertiga.
Ketika itu.. Tidak banyak orang yang langsung
mengetahui Youtube, di fase ini… ada hal yang bisa kita sama-sama contoh lho..
yaitu sebuah kegigihan utk mencapai tujuan tertentu.
Dalam memperkenalkan youtube, mereka
melakukan kampanye masif dari mulut ke mulut, bahkan Karim sempat melakukan
pidato promosi di kampusnya. Mereka juga aktif mengirimkan email ke teman-teman
terdekat, dan berharap informasi tsb terus meluas.
Cara lain juga dilakukan dengan memperkenalkan
youtube ke para influencer dan media massa. Namun ketika itu, belum ada yang
tertarik. Nyaris tidak ada yang mau bekerjasama dengan mereka.
YouTube pun nampak stagnan dan tidak
menjadi viral seperti yang diharapkan.
Usaha keras trio pendirinya mulai baru terlihat
ketika sebuah perusahaan bernama Sequoia (SEKUOI KEPITAL) Capital
menginvestasikan uangnya sebesar 11,5 juta US dollar untuk youtube pada
November 2005.
Dana tersebut digunakan untuk
mengembangkan youtube yang resmi diluncurkan satu bulan kemudian.
Youtube akhirnya meledak pada musim panas tahun
2006.., pertumbuhan situs ini meroket dengan ditandai adanya 65.000 video yang
diunggah per hari serta 100juta kunjungan per hari ke situs ini.
Melihat perkembangan yang cukup signifikan
ini, Youtube kemudian dilirik oleh Google. Puncaknya.. YouTube resmi dibeli
pada November 2006 setelah seluruh kesepakatan rampung.
Google membeli YouTube dengan bentuk saham
senilai USD 1.65 miliar. Tentunya, dengan uang segitu.. ketiga pendiri Youtube
ini ketiban durian runtuh… dalam waktu kurang dari 2 tahun.
Setelah dibeli google, situs ini masih
relatif kecil dibandingkan dengan apa yang kita lihat hari ini. Youtube
terus berkembang, diantaranya:
Tahun 2007 Youtube diluncurkan di Inggris
dan juga delapan negara lain.
Desember 2008, Youtube memperkanlkan video
HD demi kenyamanan pengguna
tahun 2010 hingga pertengahan 2011, iklan mulai
dipasang sehingga banyak para gamer dan vlogger berminat mengupload video
mereka ke YouTube.
Sejak 2012 sampai dengan hari ini, YouTube
telah berkembang pesat dan menjadi salah satu penghasil laba terbesar untuk Perusahaan
Google. Perkembangan pesat ini memaksa
indsutri televisi gigit jari, karena penonton mereka beralih ke youtube.
Berdasarkan data tahun 2018, bahwa setiap
harinya terdapat 1,8 Miliar tayangan dilakukan di situs youtbe.
Hal ini sejalan dengan keuntungan yang didapat.. tercatat pada tahun 2019, laba Youtbe mencapai 15,5 Miliar USD atau kurang lebih 200 an trilun rupiah. Wow! Angka yang sangat luar biasa!
Komentar
Posting Komentar