Pencipta Playstation - Ken Kutaragi

KEN KUTARAGI – PENEMU DAN PELOPOR PLAYSTATION


Di balik hobi kita main ps ada jasa yang besar dari seseorang bernama ken kutaragi

1.     Beliau adalah orang Jepang yang lahir pada 8 Agustus 1950 di Kota Tokyo. Waktu kecil Pak Ken sangat rajin dan pintar, bahkan dia mendapat julukan sebagai anak YG JENUS. Ga berlebihan, karena nilai dia selalu A+.

2.     Keadaan sosial kelurga Pak Kutaragai tergolong biasa saja. Keluarganya hidup dari mengelola sebuah pabrik percetakan di Tokyo.

3.     Sejak kecil Pak Kutaragi suka penasaran sama mesin-mesin, jadi sepulang sekolah dia BERGEGEGAS mengamati mesin di pabrik keluarganya.

4.     Lebih dari mengamati, Pak Kutaragi ini sejak kecil sangat suka mengutak-atik mainannya. Dia ngebongkar dan melihat gimana sih mainan ini bekerja.

5.     Dari sifat ingin tahunya itu, akhirnya membawa Pak Kutaragi masuk di Jurusan Elektronika, Denki Tsushin University.

6.     Dia lulus dengan predikat baik. Dengan predikat dan kecerdasan di atas rata-rata Pak Kutaragi tidak sulit untuk diterima di Sony, salah satu perusahaan terkemuka saat itu.

7.     Di perusahaan itu reputasi Kutaragi meroket.

8.     Pak Kutaragi mendapatkan reputasi yang baik karena dianggap selalu dapat memberikan solusi dari masalah perusahaan.

9.     Yang terkenal, Pak Kutaragi berhasil pada tanggungjawabnya dalam proyek LCD dan kamera digital.

10. Sampai suatu hari, Pak Kutaragi menyaksikan puterinya memainkan sebuah Famicom, yaitu sebuah konsol game karya Nintendo yang populer pada zaman itu.

11. Pak Kutaragi berfikir, wahhhhh.. ada potensi nih… dia kemudian menyampaikan ide pembuatan konsol game kepada eksekutif perusahaan.

12. Sayang, niatan itu bertepuk sebelah tangan. Eksekutif perusahaan kurang tertarik dengan ide tersebut.

13. Sampai suatu ketika, Perusahaan pembuat video games yaitu Nintendo meminta bantuan Sony untuk membuat sebuah wave-table sound chip untuk pengembangan Super NES mereka. Perusahaan tempat Pak Kutaragi bekerja, Sony pun menerimanya.

14. Walaupun kerjasama itu terjalin dengan baik. Ternyata Sony masih memandang rendah video game.

15. Singkat cerita, Nintendo meminta Pak Kutaragi untuk menciptakan sebuah chip, dia tak kuasa menolak. Diam-diam, Pak Kutaragi mengerjakan proyek rahasia INI

16. PAK KUTARAGU KEMUDIAN MENdesainn sebuah chip  UNTUK NINTENDO SPC700. Sampai suatu ketika pihak Sony mencium kerjasama terselebung itu.  

17. Para eksekutif sangat ­marah dan Pak Kutaragi nyaris dipecat oleh perusahaan. Dia beruntung saat itu CEO Sony bernama Norio Ohga langsung turun tangan, dan memberi maaf atas kesalahan stafnya tersebut.  Pak Norio kemudian meminta Pak Kutaragi utk segera menyelesaikan tugas sampingannya itu.

18. Singkat cerita, kemitraan antara Sony dan Nintendo tersendat karena perselisihan lisensi.   

19. Kemudian Pak Kutaragi meminta Sony untuk tetap membiayai riset pembuatan Super NES CD (sebuah teknologi yang diaplikasi untuk Playstation), dan mengembangkan konsol ini secara mandiri.

20. Di kalangan eksukutif Sony, Pak Kutaragi diremehkan, mana bisa.. kami tidak setuju.. bukan fokus kita untuk diranah video games, games masih hanya sebatas tren.

21. Tetapi sekali lagi Pak Norio Ohga selaku CEO tetap mendukungnya.

22. Pak Kutaragi amat senang dan terus bekerja untuk menghasilkan produk yang terbaik.

23. Akhirnya pada tahun 1990an, ide Pak Kutaragi terealisasi. Sony secara resmi memproduksi PlayStation untuk pertamakalinya.

24. Produk tsb kemudian mengalami berbagai penyempurnaan.

25. Hingga pada akhirnya PlayStation diluncurkan perdana di Jepang pada 3 Desember 1994, dilanjutkan di Amerika Serikat 9 September 1995 dan Eropa 29 September 1995.

26. Tak perlu waktu lama, keraguan jajaran eksekutif terhadap sebuah konsol video game tidak terjadi. Ide Pak Kutaragi berbuah manis.

27. PLayStation segera terkenal dan mendatangkan banyak uang untuk Perusahaan.

28. Hingga tahun 2011 saja, Sony telah memproduksi 150 juta Playstation. Kesuksesan produk PlayStation inilah yang menjadikan Pak Kutaragi presiden Sony Computer Entertainment pada 1997. 

29. Lebih dari itu, pada tahun 2004 dia dinobatkan sebagai 100 orang paling berpengaruh di dunia oleh majalah TIME.

30. Saat ini Playstation tercatat sebagai konsol game paling laris di dunia dengan ribuan game yang dapat dimainkan di Playstation tersebut. Playstation mengalahkan konsol game XBox milik Microsoft serta Nintendo.


Begitulah tadi guys kisah penemu dan pelopor playstation… kegigihan dan sikap pantang mundur telah membuat pak kutaragi meraih kesuksesan besar untuk dirinya dan perusahaan. Karyanya sampai hari ini terus berinovasi, yaaaa.. Walaupun harganya juga semakin mahal. Hehehe…

Oke.. Terakhir, terimakasih sudah menyimak video ini, sampai jumpa di video selanjutnya!


https://www.biografiku.com/biografi-ken-kutaragi-penemu-playstation.

 


Komentar