KENAPA INDOMARET DAN ALFAMART SELALU BERDEKATAN? TEORI HOTELLING

ASAL USUL INDOMARET DAN ALFAMART YANG BERDEKATAN?

Siapa sih yang ga kenal Indomaret dan Alfamart?


Kedua Mini market ini kehadirannya dapat ditemui pada hampir di setiap sudut kota di Indonesia. Menariknya, keduanya seakan ingin saling mengungguli satu sama lain dengan membuka gerai-gerai  yang saling berdekatan.

Indomaret, sebenarnya hadir lebih dulu ketimbang Alfamart. Toko pertama Indomaret berdiri pada 1988 di Ancol, Jakarta Pusat. Sedangkan toko pertama Alfamart sendiri berdiri di Jalan Beringin Raya, Karawaci Tangerang pada Oktober 1989, tepat satu tahun setelah Indomaret. Sejak itu, gerai-gerai Alfamart dan Indomaret menggurita hingga pelosok daerah kota-kota di Indonesia.

Video ini mungkin bisa membantu anda:



Penasaran? Berikut 5 alasan penyebab fenomena ini:

1.     Yang Pertama adalah Adu persaingan antar keduanya

2.     Alasan kedua yaitu bahwa Indomaret dan Alfamart Membidik pasar yang lebih luas. 

3.     Alasan ketiga adalah pasar yang mereka bidik merupakan Pasar yang sangat besar

4.     Alasan selanjutnya adalah Target penambahan gerai yang marathon

5.     Alasan lain kenapa mereka berani berdekatan adalah mereka perya bahwa masing2 memiliki keunggulan dari kompetitornya.

Fenomena ini pernah dijabarkan oleh Harold Hotelling (1895–1973) yang dikenal dengan teori Hotelling. Teori ini menjelaskan bahwa produsen dalam memilih lokasi akan berperilaku untuk menguasai market area seluas-luasnya yang dipengaruhi oleh perilaku konsumen dan keputusan berlokasi produsen lainnya.


Komentar